Contoh Hidangan Makan Sahur yang Praktis

0
Hidangan Sahur
Contoh Hidangan Makan Sahur yang Praktis dan Bergizi - Membuat hidangan makan sahur tentu tidak bisa sembarangan, karena itu merupakan salah satu penentu kita akan kuat berpuasa atau tidak. Selain dari niat itu sendiri tentunya. Kebanyakan orang awam membuat hidangan makan sahur dan berbuka puasa asal saja, asal enak misalnya. Tidak perduli bahwa makanan tersebut malah membuat kita tidak bersemangat saat berpuasa.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin membuat hidangan makan sahur.

- Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.

- Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

- Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.

- Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Contoh Hidangan Makan Sahur #1: OMELET SAYURAN

Bahan:
350 gr udang cincang
100 gr wortel, iris halus
100 gr daun kol, iris halus
2 btg daun bawang, iris halus
6 btr telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
3 sdm air
2 sdm tepung terigu
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
5 bh bawang merah
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna.
2. Masukkan wortel, kol, daun bawang, garam, lada, dan air, masak sambil sekali-sekali diaduk sampai kering. Angkat dan sisihkan.
3. Campur telur, tepung terigu, dan garam, aduk rata. Masukkan tumis sayuran, aduk sampai rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
4. Panaskan wajan anti lengket diameter 12 cm. Tuang 1 bagian adonan. Masak dengan api kecil sampai pinggirnya kekuningan, balik sebentar, angkat. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.

Contoh Hidangan Makan Sahur #2: ORAK-ARIK TELUR KILAT

Bahan:
-Iris tipis :wortel (1 batang sedang), daun bawang (1 batang), jagung muda/putren (3 batang)
-Siapkan: Telur ayam 2 butir
-Haluskan bumbu: bawang merah (2 siung), bawang putih (1 siung), Garam (1/2 sendok teh)

Cara memasak:
1. Panaskan minyak goreng (sedikit saja, kira-kira 2 sendok makan) atau bisa diganti margarin
2. Tumis bumbu halus
3. Jika sudah wangi, masukkan sayuran lalu tumis
4. pecahkan dan masukkan 2 butir telur lalu di orak-arik hingga rata dan matang

Dan telur orak-arik kilat pun siap dihidangkan ^^ (untuk 2 orang)

Nah, semoga contoh menu makan sahur di atas bisa bermanfaat dan puasa Anda lancar sebulan penuh.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: