Contoh Hidangan Buka Puasa yang Praktis

0
Hidangan Buka Puasa
Contoh Hidangan Buka Puasa yang Praktis namun bergizi - Setelah tadi saya membagikan contoh hidangan menu makan sahur, kali ini giliran menu buka puasa yang akan dibahas di sini. Tapi sebelumnya ada baiknya jika kita mengetahui tips membuat menu buka puasa yang baik dan sehat berikut ini:

- Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.

- Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%.

- Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.

Contoh Hidangan Menu Buka Puasa


1. Agar-agar Santan

Bahan:
1 bungkus bubuk agar-agar
½ liter air
¼ liter santan
200 gr gula jawa
50 gr gula pasir
1 sdt garam

Cara membuat:
Bubuk agar-agar dicampur air, masak sambil kadang-kadang diaduk sampai hancur, lalu masukkan dua macam gula. Masak sampai gula hancur. Santan dimasak sampai mendidih, campurkan ke agar-agar, lalu saring. Tuangkan ke mangkuk kecil-kecil, lalu dinginkan.

2. Puteri Mandi

Bahan:
3 ubi rebus yang sedang besarnya
Tepung kanji secukupnya
Kesumba kue warna merah dan hijau
Sedikit garam
Isi:
Unti terbuat dari ½ butir kelapa yang agak muda
Gula pasir semanisnya
1 sdm tepung ketan
Kuah: Santan kental dari ½ butir kelapa

Cara membuat:
Ubi panas-panas dikupas, haluskan, lalu bubuhkan tepung kanji sampai adonan cukup untuk dipulung, bubuhi sedikit garam, ratakan, lalu bagi dua. Yang sebagian diberi warna merah yang lainnya warna hijau. Ratakan, lalu pulungi bulat-bulat sebesar duku. Isi dengan sebutir unti, lalu bulatkan pula. Jika semua pekerjaan selesai, didihkan air di panci, bubuhi sedikit garam. Masukkan bulatan-bulatan tersebut. Jika sudah terapung, angkat dengan serok, tiriskan.
Unti: Kelapa diparut, taruh di wajan, bubuhi gula, aduk-aduk sampai legit, lalu bubuhi 1-2 sdm tepung ketan, aduk-aduk lagi sampai tepungnya matang, lalu angkat. Pulung bulat-bulat sebesar kemiri.

Penyajian:
Taruh beberapa butir bulatan ubi di mangkuk, siram dengan santan kental yang sudah direbus, dibubuhi dua lembar daun pandan dan garam.

3. Kolak Campur

Bahan:
4 pisang tanduk
2 ubi merah
100 gr kolang-kaling
5 butir nangka
200 gr gula jawa
Gula pasir semanisnya
Sedikit garam
Santan kental dan encer dari 1 kelapa
3 lembar daun pandan wangi

Cara membuat:
Gula jawa direbus dengan sedikit santan cair sampai hancur, saring, lalu jerangkan. Masukkan pisang tanduk yang sudah dipotong-potong, didihkan beberapa saat sampai pisangnya matang, angkat. Ubi dikupas, potong-potong, lalu rebus dengan sisa santan cair, masukkan kolang-kalingnya. Jika ubi sudah matang, campurkan pisang yang sudah dimasak dengan gula, bubuhi garam, daun pandan, dan gula pasir sampai cukup manisnya. Masukkan nangka yang sudah dipotong-potong, didihkan pula, angkat.
Kolak disajikan dengan santan kental yang sudah dimasak dengan beberapa lembar daun pandan dan sedikit garam.

Demikian contoh hidangan buka puasa ini, semoga bermanfaat bagi yang memerlukan.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: